Saturday, April 11, 2015

Lampung Tengah, Seputih Barat dan Seputih Timur

KABUPATEN Lampung Tengah (Lamteng), Provinsi Lampung yang sebelumnya sudah “dibelah” menjadi Kota Metro dan Kabupaten Lampung Timur, kini bakal dimekarkan lagi menjadi tiga kabupaten. Terakhir Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mendukung rencana pemekaran tersebut. 


Ridho berjanji mempelajari dan mengawal tahapan pemekaran mengingat pemekaran merupakan hal penting bagi Lamteng yang memiliki wilayah yang terbilang luas. ”Kami akan mempelajarinya dahulu. Tapi, kami dukung penuh rencana pemekaran Lamteng untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ridho didampingi Bupati Lamteng Hi. Achmad Pairin, S.Sos. dan Wakil Bupati Mustafa usai Safari Ramadan di PT GGP, beberapa waktu lalu.

Bupati Lampung Tengah Achmad Pairin juga menegaskan dukungannya untuk pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di kabupaten yang dipimpinnya. “Hasil dari penelitian dan kajian Unila, pelayanan di Lampung Tengah kepada masyarakat itu sudah pantas untuk dimekarkan. Kiranya, usulan kami (Lampung Tengah) itu berkenan dan bisa ditindaklanjuti pemprov,” harapnya pula.

Sementara Wakil Ketua Panpel Pemekaran DPRD Lamteng Wahyudi menjelaskan, pansus telah menyetujui rencana pemekaran Lamteng menjadi tiga DOB dalam paripurna dua tahun lalu. Universitas Lampung juga sudah melakukan studi kelayakan terkait rencana ini.

Hasilnya, Seputih Barat dan Seputih Timur yang akan menjadi calon kabupaten dinyatakan layak dalam studi kelayakan itu. ”Secara administrasi semua sudah lengkap. Pada prinsipnya, sekarang ini on the track-lah,” Wahyudi menjelaskan.

Wahyudi memperkirakan pada 2015–2016, dua calon kabupaten itu siap menjadi kabupaten baru. “Kami targetkan pada 2015–2016. Target itu cukup proporsional dengan harapan pada 2017 sudah selesai,” ungkapnya.
Panitia Pemekaran Kabupaten Seputih Timur juga optimistis tahun 2015 nanti Seputih Timur sudah resmi menjadi daerah otonomi baru (DOB) di Provinsi Lampung.

“Tahun depan, Seputih Timur diharapkan memisahkan diri dari Kabupaten Tengah, menjadi kabupaten baru dengan nama Kabupaten Seputih Timur yang meliputi delapan kecamatan,” kata Ketua Panitia Pemekaran Seputih Timur Salbari.

Menurut Salbari, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Lampung akan meninjau lokasi sekaligus mengecek kesiapan daerah tersebut. “Jika provinsi sudah melihat kesiapan dan menandatangani berkas, maka tim bersama dengan pihak provinsi akan mengawal berkas tersebut hingga terwujud impian kita semua,” jelasnya.

Pemekaran rencananya akan membagi Lampung Tengah menjadi tiga kabupaten. Yakni kabupaten induk dan dua DOB baru di Seputih Barat dan Seputih Timur. Seputih Barat direncanakan terdiri dari sembilan kecamatan, yakni: Kecamatan Anakratu Aji, Anak Tuha, Padangratu, Pubian, Sendang Agung, Selaggai Lingga, Kalirejo, Bangunrejo, dan Bekri.

Sedangkan Sementara Seputih Timur sebanyak sepuluh kecamatan, yakni: Kecamatan Seputih Raman, Seputih Banyak, Way Seputih, Rumbia, Putra Rumbia, Bumi Nabung, Seputih Surabaya, Bandar Surabaya, Bandar Mataran, dan Seputih Mataram.

Kabupaten Lampung Tengah sendiri memiliki luas wilayah 4.789,8 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 1.574.532 jiwa atau terbanyak se-kabupaten/kota Provinsi Lampung. (OL-2/net)

Sumber :

No comments:

Post a Comment