Saturday, April 11, 2015

Rencana Pembentukan Tiga Daerah Otonomi Baru Di Provinsi Gorontalo

GORONTALO – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dikabarkan akan mengevaluasi kembali usulan pemekaran daerah. Kabar tersebut tak lantas membuat semangat pembentukan tiga daerah otonom baru (DOB) di Gorontalo kendor. Justru sebaliknya, rencana pembentukan Kabupaten Boliyohuto, Panipi Raya dan Gorontalo Barat (Gobar) terus berkobar. Bahkan tiga daerah tersebut optimis terbentuk alias disahkan pada 2015 mendatang.

Ketua Presidium Pemekaran Boliyohuto, Sun Biki, menyatakan, pihaknya masih berprasangka baik terhadap wacana kocok ulang terhadap usulan DOB. Artinya, kocok ulang ini tidak akan mengeliminir hasil pembicaraan tingkat satu DPR sebelumya soal 22 DOB yang akan disahkan karena sudah disetujui oleh DPR, DPD, dan DPOD.
“Kita masih berprasangka baik. 22 DOB yang didalamnya masuk Boliyohuto tidak akan tereliminir. Selain sudah punya Ampres juga telah memenuhi syarat sebagaiman yang tertuang dalam PP 78 tahun 2007 tentang pemekaran wilayah,” kata Sun Biki.
Pertimbangan lain, lanjut Sun Biki, 22 DOB tersebut sudah punya anggaran dalam APBN 2015 terkait supporting pemerintah pusat pada awal pemekaran. Maka Politisi senior Golkar tersebut menekankan, langkah kocok ulang ini mungkin hanya akan diarahkan untuk yang belum masuk dalam 22 DOB. “Apalagi sempat muncul ketambahan usulan baru diluar 65 DOB sejumlah 22 sehingga total usulan DOB menjadi 87. Oleh karena itu kita optimis, 22 DOB yang sudah disepakati dalam pembicaraan tingkat satu tidak akan tereliminir dalam kocok ulang tersebut,” tambahnya.
Meski begitu, Presidium Pembentukan Boliyohuto akan segera menemui pimpinan DPR dan Komisi II yang baru untuk berkomunikasi dan lobi-lobi terkait DOB Boliyohuto. “Mudah-mudahan keputusan terkait DOB nanti tidak akan terpengaruh dengan KMP dan KIH di senayan,” ujarnya.
Sekretarsis Presidium Pemekaran Kabupaten Panipi Raya Yaring Puluhulawa juga menegaskan bahwa Kabupaten Panipi Raya masih terbuka lebar. Bahkan, Panipi Raya dipastikan masuk dalam 21 nama Daerah Otonom Baru (DOB) yang akan disahkan tahun depan. “Saat ini saya dan ketua serta beberapa pengurus pemekaran Panipi Raya berada di Jakarta, menghadiri undangan dari Kemendagri guna verfikasi terhadap 21 DOB yang akan disahkan 2015. Panipi masuk di dalamnya,” terang Yaring.
Wacana kocong ulang usulan DOB, karena telah berganti personil DPR RI, kata Yaring, tidak benar. Sebab, sebagaimana Undang-undang 23 Tahun 2014, pembahasan calon DOB tak lagi lewat DPR, tapi langsung melalui Kemendagri.
Sementara itu Koordinator Komite Pembentukan Kabupaten (KPK) Gorontalo Barat Tahir Yusuf kepada awak koran ini menjelaskan, pihaknya akan mengkoordinasikan hal ini apabila benar terjadi pengocokan kembali. Menurut Tahir Yusuf, pastinya perjuangan pemekaran Gobar akan terus dilakukan. “Kami baru mengetahui informasi ini. Jika memang seperti itu, maka kami tentu akan mengkoordinasikannya dengan semua pihak terkait di daerah maupun dengan pihak provinsi,” terangnya.
Wakil Sekretaris KPK Rizal Pasuma menyampaikan, seharusnya pengocokan ulang itu tidak terjadi lagi, sebab ini telah ada Rancangan Undang-Undang (RUU). Jadi harapan besar adalah bagaimana agar Gobar ini dapat terwujud dan ditetapkan sebagai DOB. “Pada dasarnya kami akan menindaklanjuti informasi ini. Kami pula berharap agar kiranya pemerintah bisa merespon hal ini dan dapat mengkoordinasikan pula dengan pihak pusat,” harapnya.(rmb/idm/kif)
Sumber :

No comments:

Post a Comment