Tuesday, June 12, 2012

Rencana Pembentukan Provinsi Bolmong Raya


Catatan : Mongondow, sebuah wilayah di Provinsi Sulawesi Utara yang terbagi menjadi empat kabupaten dan satu kota, Bolmong seluas 3.628,9 km2 dengan populasi 216.308 jiwa; Bolmut seluas 1.843,92 km2 dengan populasi 69.937 jiwa; Boltim seluas 897,98 km2 dengan populasi 68.315 jiwa; Bolsel seluas 1.615,86 km2 dengan populasi 87.013 jiwa; dan Kota Kotamobagu seluas 68,02 km2 dengan populasi 114.980 jiwa.


TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Sejumlah elit di daerah Bolmong mengadakan pertemuan di Hotel Senator, Kotamobagu, Selasa (15/5/2012). Mereka membicarakan tentang pembentukan Provinsi Bolmong Raya di Tanah Totabuan tersebut.

Pada pertemuan yang digagas mantan Wakil Gubernur Sulut, Abdullah Mokoginta, hadir dua dari lima kepala daerah yang ada di Bolmong Raya. Mereka adalah Bupati Bolmong Salihi Mokodongan dan Bupati Boltim Sehan Landjar.


Sementara tiga kepala daerah lainya, yakni Bupati Bolmut Hamdan Datunsolang, Bupati Bolsel Herson Mayulu dan Wali Kota Kotamobagu Djelantik Mokodompit berhalangan hadir. Mereka hanya memawilkan para asistenya.

Selain para kepala daerah, hadir juga Ketua DPRD Bolmong Abdul Kadir Mangkat dan Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko. Seorang tokoh Bolmong, Jainudin Damopolii, memaparkan beberapa sayarat pembentukan daerah baru berdasarkan PP Nomer 78 tahun 2007.

Dia mengatakan rasa optimisnya tentang pembentukan Provinsi Bolmong Raya. Dia mencontohkan, kendati ada moratorium pemekaran wilayah, namun beberapa daerah ternyata bisa juga lolos.

"Waktu pemekaran Botim, Bolmut, Bolsel dan Kotamobagu, moratorium juga telah diberlakukan namun, bisa lolos. Dan saya optimis jika kita serius dalam pemekaran provinsi ini, 2012 ini sudah masuk di badan legislasi DPR RI," kata dia.

Pada pertemuan tersebut, Robianto Suit, tokoh pemuda Bolmong, mengharapkan pemekaran tersebut jangan sampai hanya menjadi komoditas politik belaka. "Harus dicari 'trust person' (orang dipercaya) yang duduk dalam kepanitian pemekaran, jangan orang-orang yang punya kepentingan dalam pemilihan kepala daerah," kaya dia mencontohkan.

Pertemuan tersebut juga berhasil menyusun kepantian pemekaran yamg diketuai Abdulah Mokoginta. Nayodo Kurniawan, perwakilan dari tokoh pemuda, menjadi sekretaris umum (Sekum) dan Ketua DPRD Bolmong Abdul Kadir Mangkat ditunjuk sebagai bendahara. Pada pertemuan tersebut juga memutuskan nama provinsi baru tersebut nantinya Provinsi Bolmong Raya.

Sumber :
Laporan Wartawan Tribun Manado Edi Sukasah
http://manado.tribunnews.com/2012/05/16/elit-bolmong-bentuk-panitia-pemekaran-provinsi

Sumber Gambar:
http://kronikmongondow.blogspot.com/2011/04/marabahaya-di-pg-bolmong.html


No comments:

Post a Comment