Wednesday, August 22, 2012

Percepat Pembentukan Bandung Timur

Sekretaris Komite Bandung Timur, Cecep Suhendar menjelaskan, kalau ada Bandung Barat, berarti ada Bandung Timur. Karena itu, ia mendesak agar Pemkab Bandung segera mempercepat proses pembentukan kabupaten baru tersebut.

Pembentukan wilayah 15 kecamatan itu diantaranya, Cimenyan, Pacet, Cileunyi, Rancaekek, Cicalengka dan Nagreg.

Sebelumnya, Asep Anwar anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Partai Bulan Bintang juga sempat menggulirkan pembentukan Kab. Bandung Selatan (KBS), yang meliputi 8 kecamatan.Diantaranya adalah Kec. Banjaran, Kec. Cangkuang, Kec. Cimaung, Kec. Pangalengan, Kec. Kertasari, Kec. Pameungpeuk, Kec. Baleendah, dan Kec. Dayeuhkolot. Desakan Cecep Suhendar, anggota dewan dari Partai Golkar ini, mendapat dukungan dari puluhan anggota DPRD Kab. Bandung.


Mereka adalah, Hikmat Budiman dari Partai Demokrat, Arifin Sobari (PKS), Rizky Taufik (Demokrat), Aty Resmiati (Demokrat), Ati Wiati (PDI Perjuangan), Aep Saefullah (Gerindra), Tedi Julia Taufik (PKS), Rina Malestiani (Demokrat), Oot Ruhyat Gunadi (PDI P), Sukarna (Demokrat), Rijal Perdana Kusumah (PAN), Arif Setiansah (PKS), Dadang Supriatna (Golkar) dan H. M. Matin (PAN).Hikmat Budiman, anggota dewan dari Partai Demokrat yang pertama kali menanyakan seputar rencana pembentukan Kabupaten Bandung Timur di atas kereta api saat kunjungan anggota DPRD Kab. Bandung ke Yogyakarta. Sehingga muncul “Kesepakatan Yogyakarta”.
Ditegur Bupati

Gara-gara mengeluarkan pernyataan keras soal rencana pembentukan Bandung Timur, anggota dewan dari Partai Golkar, Cecep Suhendar, ditegur Bupati Bandung, Dadang Naser.

Teguran Bupati tersebut, cukup dijadikan alasan. Sebab, Cecep yang notabene sebagai kader Partai Golkar seharusnya mengamankan kebijakan bupati, yang juga politisi Golkar, selama lima tahun kedepan.

Sebelumnya Cecep mengatakan, kalau ada Bandung Barat, berarti ada Bandung Timur. Karena itu, dia mendesak agar Pemkab Bandung segera mempercepat proses pembentukan kabupaten baru, yaitu Bandung Timur.

Berbeda dengan pernyataan sebelumnya, kepada Mora, tadi pagi, Cecep menjelaskan, rencana pemekaran wilayah tidak semudah membalikkan tangan.

Ia mencontohkan, pembentukan Kab. Bandung Barat hingga kini belum bisa mensejahterakan rakyatnya. Bahkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih jalan ditempat, dan cenderung tidak ada kemajuan.

Belakangan diperoleh kabar, Pemkab Bandung Barat diwacanakan gabung kembali dengan Pemkab Bandung karena dianggap tidak berhasil.

Menanggapi pernyataan Cecep, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kab. Bandung, Yanto Setianto berharap agar masyarakat Bandung Timur tidak perlu memisahkan diri dari wilayah Kab. Bandung.

Sebab, pemisahan, pemekaran ataupun pembentukan Kabupaten yang baru, belum tentu dapat mensejahterakan masyarakat Bandung Timur.

Pernyataan yang dilontarkan Cecep adalah pendapat pribadi. Sebab, kata Yanto, Fraksi Golkar belum mengeluarkan pernyataan resmi soal wacana pembentukan Bandung Timur.

Fraksinya justru memberikan kesempatan kepada Bupati Bandung, Dadang Naser untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan aparatnya terhadap masyarakat Bandung Timur. (bung wir)**


Sumber :
http://www.soreangonline.com/percepat-pembentukan-bandung-timur,322.html
6 April 2012

No comments:

Post a Comment