Wednesday, August 22, 2012

Pembentukan Kabupaten Garut Utara Semakin Menguat

Oleh: Nul Zainulmukhtar
INILAH.COM, Garut - Panitia Persiapan Pembentukan Kabupaten Garut Utara secara resmi mendeklarasikan Pembentukan Kabupaten Garut Utara.

Pada acara itu, juga mendeklarasikan Tim Presidium, Tim Komite Independent, dan Dewan Penasehat Pembentukan Kabupaten Garut Utara. Deklarasi dilakukan di Komplek Makam Sunan Cipancar Jalan Pasir Astana Desa Pasir Waru Kecamatan Balubur Limbangan, Sabtu (18/2/2012).

Pada acara yang dihadiri sekitar 5.000 peserta dari berbagai unsur masyarakat itu, turut hadir Ketua DPRD Garut Ahmad Bajuri, anggota DPRD Jabar Memo Hermawan, unsur Muspika Balubur Limbangan, dan perwakilan dari 114 pemerintahan desa se-Garut Utara. Sedangkan Bupati Garut Aceng HM Fikri tak hadir dalam acara tersebut.


Acara diawali dengan atraksi kesenian rampak bedug, disusul pemotongan nasi tumpeng, dan penanaman pohon wijayakusumah serta hanjuang. Digelar juga penandatanganan dukungan pembentukan Kabupaten Garut Utara pada sebentang kain spanduk berukuran panjang sekitar 3 meter.

Sebelum deklarasi dibacakan, para peserta menyempatkan berziarah ke makam Sunan Cipancar dan makam Bupati Limbangan terakhir Rd Tumenggung Wangsa Kusumah II.

Ketua Presidium Kabupaten Garut Utara Rd Aas Kosasih, didampingi Ketua Tim Komite Independent Pembentukan Garut Utara Rd Sesep Kohar, dan Sekretaris Aep Saepudin menyebutkan pembentukan/pemekaran Kabupaten Garut Utara sudah dirintis sejak 3 tahun lalu namun baru dideklarasikan sekarang seiring kian kuatnya dukungan dari masyarakat.

"Sebelumnya kita sudah berkumpul dan bersepakat Hari Kebangkitan Pembentukan Kabupaten Garut Utara sendiri ditetapkan pada 18 januari 2012," ujarnya.

Dekan Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Adang Hambali yang tampil mengisi orasi politiknya pada acara tersebut menegaskan dukungannya terhadap pemekaran Garut Utara dari Kabupaten Garut. Menurutnya, pembentukan Kabupaten Garut Utara merupakan harga mati, dan tidak bisa ditawar-tawar.

Wilayah Kabupaten Garut Utara diklaim sudah layak dimekarkan menjadi kabupaten tersendiri dengan berbagai potensinya. Sedikitnya terdapat 11 kecamatan digadang-gadang tergabung dalam Kabupaten Garut Utara, yakni Kecamatan Balubur Limbangan, Selaawi, Kersamanah, Malangbong, Cibatu, Sukawening, Karangtengah, Cibiuk, Lewigoong, Leles dan Kadungora.[jul]


Sumber :
http://www.inilahjabar.com/read/detail/1831633/pembentukan-kabupaten-garut-utara-semakin-menguat
18 Februari 2012

No comments:

Post a Comment