Thursday, June 27, 2013

Warga Lima Kecamatan Kotim Inginkan Pemekaran Kabupaten

Kalimantan Tengah - KOTAWARINGIN TIMUR, (kalimantan-news) - Warga yang tinggal di wilayah utara tepatnya di lima Kecamatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, menginginkan adanya pemekaran kabupaten.

"Sesuai aspirasi masyarakat yang kami terima mereka menginginkan Kabupaten Kotim di mekarkan, yakni dengan nama Kabupaten Kotawaringin Utara," kata Pejabat sementara (Pjs) Camat Parenggean, Kabupaten Kotim, Siwen di Sampit, Sabtu.

Wilayah kabupaten pemekaran baru tersebut diharapkan berada di bagian utara Kabupaten Kotim yang saat ini berada di dalam wilayah lima kecamatan, yakni Kecamatan Parenggean, Tualan Hulu, Telaga Antang, Antang Kalang, dan Bukit Santuai.


Keinginan pemekaran kabupaten tersebut bukan bermaksud untuk memisahkan diri dari Kabupaten Kotim, namun semata-mata hanya menghendaki adanya pemerataan dan percepatan pembangunan di wilayah itu.

Selama ini kecamatan yang ada di wilayah utara masih kurang mendapatkan perhatian, terutama dalam hal pembangunan.

Dibandingkan dengan kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kotim, kecamatan yang ada diwilayah utara dapat dikatakan tertinggal, terutama dalam pembangunan infrastruktur.

Sampai saat ini masih banyak infrastruktur, terutama untuk jalan penghubung dari ibu kota kecamatan yang satu ke ibu kota kecamatan yang lain belum memadai, bahkan tidak layak untuk dilalui.

Sebagian besar jalan menuju ke kecamatan rusak parah, bahkan ada beberapa titik yang putus dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

"Kami harap pemerintah Kabupaten Kotim mendukung aspirasi masyarakat tersebut dan semua itu demi kesejahteraan masyarakat yang tinggal di wilayah utara Kabupaten Kotim," katanya.

Sementara Bupati Kotim Supian Hadi menyatakan mendukung terhadap aspirasi masyarakat yang menginginkan Kabupaten Kotim dimekarkan.

"Aspirasi masyarakat tersebut sah-sah saja dan hal itu juga wajar. Saya mendukung keinginan masyarakat tersebut karena mereka mengingkan sebuah kemajuan di daerahnya," terangnya.

Ia mengungkapkan, selama niat pemekaran tersebut untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat maka dirinya akan terus mendukung keinginginan masyarakat tersebut. (das/ant)


Sumber :
http://www.kalimantan-news.com/berita.php?idb=20018
18 Mei 2013

No comments:

Post a Comment